Presiden Berharab Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi Menuju IKN Menjadi Semangat Kebangsaan

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Header Menu

Presiden Berharab Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi Menuju IKN Menjadi Semangat Kebangsaan

Sabtu, 10 Agustus 2024
Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi di Bandara Halim Perdanakusuma.
Foto: 
Muchlis Jr & Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden


JURNALREPORTASE.COM, Jakarta - Gelaran bersejarah prosesi kirab duplikat bendera pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur berlangsung hari ini, Sabtu (10/8/2024).


Kirab tersebut bagian dari pengantaran bendera pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi yang akan digunakan dalam Upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN. Rencananya, upacara ini akan dipimpin Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto. Duplikat bendara pusaka dan Teks Proklamasi disimpan dalam sebuah ruang khusus di Istana Negara IKN.


Bertindak sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Purna Paskibraka 2023, Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa oleh Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.


Prosesi kirab diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka di Monumen Nasional (Monas) yang dimulai pukul 08.00 WIB.


Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut dibawa menggunakan kendaraan taktis (Rantis) “Maung”. Dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.


Dari Monas, iring-iringan tersebut menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI Angkatan Udara.


Sekitar pukul 12.55 Wita, pesawat tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur dan disambut tim paskibra dengan sikap sempurna, pemuda-pemudi dengan pakaian adat, serta bentangan karpet merah.


Bendera kemudian diserahkan kepada Purna Paskibraka 2023 Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Sedangkan teks proklamasi diserahkan kepada Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan yang kemudian dikirab menuju IKN.


Presiden Joko Widodo berharap, gelaran ini dapat menggugah semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia.


"Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN)".


"Kirab ini adalah bagian dari peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta, serta siswa IPDN, politeknik, dan pamong praja. Kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab ini, menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan".


"Semoga semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia". Tulis Presiden Jokowi dalam media resminya @Jokowi melalui media sosial X.