Simak Survei Terbaru ARCI di Jatim, Duet Capres-Cawapres ini Ungguli Paslon Lain

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Header Menu

Simak Survei Terbaru ARCI di Jatim, Duet Capres-Cawapres ini Ungguli Paslon Lain

Kamis, 02 November 2023

 

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt usai memaparkan hasil survei di Surabaya, Rabu (1/11/2023).
Foto: Rahman


JurnalReportase.com, Surabaya - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur terkait elektabilitas Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasil survei ARCI kali ini menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling banyak dipilih masyarakat.

"Hasil survei ARCI, pasangan Prabowo-Gibran mengungguli pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin," ucap Direktur ARCI, Baihaki Sirajt dalam paparannya di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Menurut survei ARCI, ektabilitas pasangan Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul pasangab Ganjar-Mahfud di angka 35,9%. Dan pasangan Anies-Muhaimin di angka 22,2%.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Direktur ARCI Baihaki menambahkan, bergabungnya Gibran menjadi faktor penting Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo, dengan dipilihnya Gibran sebagai cawapres Prabowo," jelasnya.

Baihaki Sirajt juga menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki.

Jika selama ini Prabowo lemah di wilayah mataraman, sosok Gibran yang menjadi cawapres Prabowo, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman.


"Sosok Gibran akan menambal kekalahan Prabowo selama dua kali Pilpres di Wilayah Matraman," tambahnya

Baihaki mengatakan, sebanyak 33,7 persen pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran. Sementara 66,3 persen memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang ke Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.


"Faktor Gibran dan Jokowi mempengaruhi pemilih PDIP di Jatim beralih dari Ganjar ke Prabowo. Jadi mereka kalau partai tetap memilih PDIP, tapi capresnya Prabowo. Survei ini kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU, dan saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo," tandasnya.

Berikut hasil lengkap elektabilitas Capres-Cawapres di Jatim versi ARCI:


1. Prabowo-Gibran 40,1 %
2. Ganjar-Mahfud 35,9 %
3. Anies-Muhaimin 22,2 %
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8 %. (*)