Ini Daftar Hasil Survei ARCI Untuk Caleg DPR-RI Dapil Jatim 1

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Header Menu

Ini Daftar Hasil Survei ARCI Untuk Caleg DPR-RI Dapil Jatim 1

Sabtu, 29 Juli 2023
Direktur Eksekutif ARCI saat merilis hasil survei Caleg DPR-RI Dapil Jatim 1. (Foto: istimewa)


JurnalReportase.com, Surabaya -  Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbarunya untuk calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Daerah Pemilihan Jawa Timur 1 (meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidiarjo).


Ada 5 nama tokoh potensial yang muncul berdasarkan hasil survei dan hasilnya di atas 5 persen. 


"Berdasarkan hasil survei kami yang di atas 5 persen ada 5 tokoh. Pak Bambang DH masih teratas yaitu 8,7 %, kemudian Saikhul Islam 8,4%, disusul BHS 8,03%," jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI lewat rilis yang diterima media. Jumat, (28/07/2023).


Kemudian berikutnya, ada Adies Kadir dengan perolehan 5,8 % dan Puti Guntur : 5,1%. 


"Sisanya berada di bawah 5 persen semua," tandasnya. 


Menurut Baihaki, 5 nama tersebut bila melihat jumlah kursi di Dapil Jatim 1, maka memiliki potensi besar untuk bisa melenggang ke kursi Senayan. 

Tingginya hasil survei 5 nama tersebut, menurut Baihaki itu tidak lepas dari kiprahnya di masyarakat. 


"Rata-rata karena sering turun, sering menyapa. Baik yang saat ini menjabat ataupun yang tidak menjabat," pungkasnya. 


Berdasarkan hasil survei ARCI untuk elektabilitas Caleg di Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) adalah sebagai berikut ;

Saikhul Islam : 8, 4 %, Arzeti : 2, 1 %, Bambang Haryo Soekartono ( BHS ) : 8,03 %, Rahmad Muhajirin : 3, 9 %, Ahmad Dhani : 3, 5 %, Bambang DH. : 8, 7 % , Puti Guntur :  5, 1 %, Indah Kurnia :  2, 8 %, Adies Kadir :  5, 8 %, Lita Machfud Arifin :  3, 8 %, 


Kemudian, Ipong Muhlisoni : 2, 9 %, M.Sholeh :  1, 7 %, Sigit Susiantomo :  2,6 %, Reni Astuti :  2, 8 %, Sungkono :  3,9%, Taufiqul Bar :  0, 2%, Lucy Kurniasari : 3, 8 %, Ali Afandi : 1, 7 %, dan Tidak Menjawab sebsar 28, 2 % . 


Dari 5 nama tersebut, Bambang DH saat ini merupakan anggota DPR-RI dari PDIP, kemudian Syaikul Islam saat ini juga menjabat anggota DPR-RI dari PKB, sedangkan Bambang Haryo Soekartono ( BHS) sebelumnya juga pernah menjabat anggota DPR-RI dari Partai Gerindra dan pernah mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Sidoarjo. Disusul oleh Adies Kadir, yang saat ini juga menjabat anggota DPR-RI dari Partai Golkar dan Puti Guntur yang juga merupakan anggota DPR-RI dari PDIP. 


Survei ARCI dilakukan pada 4 - 15 Juli 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.250 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.